Pages

Jumat, 07 Januari 2011

#baladacabemahal

seharusnya, di era cabe mahal kayak sekarang, orang-orang kaya' gw menikmatinya.. bukan, gw bukan tengkulak cabe. gw cuma cowo yang masuk kategori ga suka pedes..

kenapa gw menikmatinya? soalnya gw bisa terlihat lebih macho (baca: makan sambel) tanpa harus terlihat cupu (baca: kepedesan, keringetan). yess, soalnya kebanyakan penjual makanan pada ngurangin cabe di sambel buatan mereka. otomatis, gw jadi bisa makan pake sambel.. hehehe..

tapi barusan gw terjebak! gw kira teori itu berlaku ke semua penjual makanan.. ternyata ga semua..

contohnya tukang nasi uduk di depan komplek gw. berhubung udah jam makan malem, gw bergegas, hingga tergopoh-gopoh *ngetik sambil baca buku Bahasa Indonesia kelas 6 SD* ke tukang nasi uduk langganan gw itu. sampe sana, pesen lah gw, "bu, sirloin steak nya 1 ya, well done.." si ibu melongo...

ga lah, jelas gw mesen nasi uduk.., plus ayam goreng dan tempe. begitu selesai digoreng dan dihidangkan di depan gw *jreng jreeng*, gw langsung balik ke teori di atas.. "waah, pasti nih sambelnya 'palsu' nih, merah doang! cabe lagi mahal, cuuy.." sambil mesam-mesem sendirian. si ibu lagi-lagi melongo..

langsung lah gw hajar itu nasi uduk. ayamnya gw suwir-suwir sambil nahan panas di jari gw (baru turun dari penggorengan, si ayam). lalu dengan pedenya gw cocol ke sambelnya, dengan porsi banyak..

begitu haaappp, masuk mulut gw..

satu detik..

dua detik...

tiga detik....

"oke, ini sambel pedes!"

sambil nahan pedes, gw pesen teh anget buat netralisir pedesnya. soalnya pas pelajaran kimia SMA gw diajarin kalo pedes tu bisa diilangin dengan air panas (oke, gw asal! itu belum tentu pelajaran kimia. tapi teori itu kan emang beneran). ngomongin 'pedes vs air panas', sebetulnya mungkin sama kaya' teori ngilangin bau pete. yess, katanya cara ampuh buat ngilangin mulut bau pete tuh cuma satu.., yaitu MAKAN JENGKOL. karena bau pete-nya jadi ketutup sama bau jengkol *digeplak sendal*. sama aja kayak pedes ini kan? jadi pedesnya ilang, soalnya mulut lo pasti ngap-ngapan abis minum air panas.. hehehe..

balik ke masalah nasi uduk itu. jadi setelah gw minum teh panas itu.., ya, teh panas! gw pesennya anget, dikasihnya yg baru mendidih! setelah gw minum itu, istirahat sebentar, baru deh ilang pedesnya. dan abis itu gw ngelanjutin makan lagi, kali ini tanpa sotoy cocol sambel banyak-banyak. kapok!!

selesai makan, gw buru-buru pulang. kenapa? perut gw bergejolak kebelet boker.. emang sambel super deh tuh!

p.s: sampai tulisan ini diturunkan, penulis masih sibuk bolak-balik ke kamar mandi..

2 komen:

Unknown mengatakan...

wkwkwkwkwk
sama bro, aku jga g tahan sma mkanan pedes. pdahal kluargaku sampe adek2 yg masih kecil doyan baget makan cabe *tanpa laukuhuk uhuk*

Makanya, kalo ada reuni keluarga makan rujak, aku sndiri yg makan paket Happy Meal McD, hahahaha

nice Blog btw :D

Rendra mengatakan...

hahaha, napa jadi happy meal McD.. bisa aja lo.. :))